Minggu, 14 Desember 2008

Semestinya Menag Ambil Alih Penyelenggaraan Haji

Jakarta --- HakamNaja.blogspot.com --- Sudah semestinya Menteri Agama M Maftuh Basyuni mengambilalih "komando" penyelenggaraan haji 2009, karena perbaikan pelayanan yang ditunggu sejak 2006 tidak kunjung tiba.

“Memang sudah semestinya “komando” untuk penyelenggaraan haji Indonesia langsung dipegang Pak Maftuh (Menag), saya yakin kalau itu dilakukan akan sesegera mungkin masalah haji yang selalu timbul, khususnya sejak tahun 2006 akan sedikit terkurangi,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, A Hakam Naja, di Jakarta (Senin/ 15/12/2008).

Bagaiamana pun kita tidak boleh megelabuhi masyarakat, dan jangan samapai kita juga menjerumuskan jemaah dan keluarganya. Hal ini penting karena bagaimana pun juga penyelenggaraan haji adalah amanat yang diberikan umat Islam Indonesia, yang kemudian dipegang oleh Departemen Agama, tutur Hakam.

Sebelumnya Menteri Agama (Menag) DR (Hc) Muhammad Maftuh Basyuni menyatakan siap mengambilalih "komando" penyelenggaraan haji 2009, karena perbaikan pelayanan yang ditunggu sejak 2006 tidak kunjung tiba.

Menurut Maftuh, penyelenggaraan haji 2008 memang ada beberapa sukses, tapi sukses dengan catatan, karena ada masalah pemondokan yang jauh dan akhirnya merembet pada masalah transportasi dan katering. “Karena itu, saya banyak menerima SMS yang macam-macam, bahkan ada caci maki. Awalnya, saya tersinggung, tapi setelah saya cek ke lapangan ternyata SMS itu benar, karena itu saya minta maaf kepada jemaah haji," katanya.

Oleh karena itu, Maftuh siap mengambilalih "komando" penyelenggaraan haji 2009, karena dirinya ingin sukses dengan beberapa catatan dalam penyelenggaraan haji selama ini akan segera berakhir. "Saya menyesali `sukses dengan catatan` itu, karena itu tahun ini harus merupakan `tahun sukses dengan catatan` yang terakhir," katanya. (hn.bs)

Tidak ada komentar: