Minggu, 14 Desember 2008

Jadwal Kepulangan Jamaah Indonesia Terlambat

Jeddah – HakamNaja.blogspot.com --- Sejak 13 Desember sampai tiga pekan ke depan terminal haji Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, diperkirakan makin padat karena para haji musim ini segera kembali ke negaranya masing-masing.

Sehingga tidak mustahil mengakibatkan jadwal kepulangan jamaah haji dari Indonesia akan mengalami keterlambatan. "Tidak mustahil jadwal kepulangan jamaah haji Indonesia pun akan terkena dampaknya, misalnya keterlambatan pulang (ke Indonesia)," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI A Hakam Naja di Jeddah, Minggu (14/12/2008).

Karenanya untuk mengantisipasi hal ini, jamaah haji Indonesia akan diinapkan dulu selama 24 jam di Jeddah, sementara untuk menghindari bosan tinggal di hotel. Dan Menteri Agama Maftuh Basyuni sebelumnya telah mengintruksikan para haji dibawa keliling kota (city tour) menyaksikan keindahan kota "Siti Hawa" itu.

Namun sayangnya yang terjadi, acara mengisi waktu luang di Jeddah itu tidak maksimal mengingat banyak haji yang memutuskan tetap tinggal dalam bus yang disediakan manajemen hotel. Karena dikhawatirkan para jamaah akan tercecer.

Panitia Penyelenggara Haji Indonesia di Jeddah menyediakan lima hotel transit bagi jamaah haji Indonesia, yaitu Norcom Oasis, Tayyarah, Madinah Palace, Al Azhar dan Haffout.

Mengenai jemaah haji yang terlambat pulang hingga 14 jam seperti dialami Kloter 4 Solo, menurut panitia haji Indonesia, hal itu terjadi karena manajemen penerbangan Garuda menahan pesawat yang akan mengangkut jemaah.

Hingga berita ini diturunkan, sudah 18 kloter atau 7.030 orang pulang ke tanah air, termasuk Kloter 2 Palembang yang terlambat terbang tiga jam. (hn.bs)

Tidak ada komentar: