Kamis, 11 Desember 2008

Jamaah Haji Indonesia Mulai Meninggalkan Mina

Mina – HakamNaja.blogspot.com --- Seluruh jamaah haji Indonesia dan jamaah dari berbagai penjuru dunia, Kamis (11/12) siang, mulai meninggalkan Mina setelah menuntaskan prosesi rukun dan wajib haji. Jemaah haji Indonesia sudah mulai bergerak ke Mekkah.

Menurut Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI A Hakam Naja dari Mekkah, Kamis (11/12/2008), jemaah haji Indonesia terbagi menjadi dua gelombang. Mereka yang melaksanakan nafar awal atau rombongan pertama sebelum terbenamnya matahari dua hari yang lalu sudah meninggalkan Mina, sedangkan yang melaksanakan Nafar Tsani baru meninggalkan Mina pada Kamis kemarin.

Setelah selesai pemulangan seluruh jamaah haji Indonesia, akan segera dilakukan evaluasi dengan pihak pemerintah. ”Adanya banyak kekurangan dalam penyelenggaraan haji, DPR akan mengevaluasi pelaksanaan pelayanan haji tahun ini, setelah kegiatan pemulangan ini selesai,” ujar Hakam.

Media Center Haji Departemen Agama menyebutkan, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia Nursamad Kamba sudah menempatkan petugas haji di pos semula. Artinya, petugas yang penempatannya di Jeddah sudah kembali ke Jeddah. Mereka yang bertugas di Madinah sudah digerakkan ke Madinah untuk dipersiapkan menyambut kedatangan jemaah dari Mekkah dan selanjutnya disiapkan untuk dipulangkan ke Tanah Air.

Berkaiatan dengan pemulangan jamaah haji ke tanah air, sebanyak 19 kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia gelombang pertama akan dipulangkan ke Tanah Air hari ini (12/12) melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Mereka diperkirakan tiba di Indonesia besok mulai pukul 14.15 WIB di Embarkasi SOC (Solo). Jamaah akan terus bergerak dari Mekkah menuju Jeddah dan beberapa jamaah lain melalui Madinah menuju Indonesia hingga pemulangan terakhir dari kloter 42 UPG (Makassar) pada 9 Januari 2008.

Sementara itu Media Center Haji Departemen Agama menyebutkan, pemerintah sudah menempatkan petugas haji di pos semula. Artinya, petugas yang penempatannya di Jeddah sudah kembali ke Jeddah. Mereka yang bertugas di Madinah sudah digerakkan ke Madinah untuk dipersiapkan menyambut kedatangan jemaah dari Mekkah dan selanjutnya disiapkan untuk dipulangkan ke Tanah Air.

Jemaah yang dipulangkan melalui Jeddah sudah disiapkan hotel transit. PPIH dalam menyambut kedatangan jemaah haji yang transit sekitar 24 jam di Jeddah telah menyiapkan lima hotel. (hn.bs)

Tidak ada komentar: