Senin, 01 Desember 2008

Komisi 8 DPR RI Perhatikan Jemaah Resiko Tinggi

Madinah -- HakamNaja.blogspot.com -- Komisi 8 DPR RI yang membidangi Agama prihatin terhadap kondisi kesehatan jemaah haji Indonesia yang sebagian besar memiliki resiko tinggi. Berdasarkan pemantauannya di pemondokan serta di Masjid Nabawi yang dilakukan anggota komisi 8 DPR RI sebagian besar jemaah haji Indonesia berusia di atas 60 tahun.

Wakil Ketua Komisi 8 DPR RI A Hakam Naja, kepada HakamNaja.blogspot.com menjelaskan penggunaan rompi resiko tinggi pada jemaah haji, ternyata memberikan beban psikologis bagi pemakainya, sehingga banyak jemaah resiko tinggi yang tidak mau menggunakan.

Bahkan laporan tim medis di Madinah menyebutkan sebagian besar jemaah haji Indonesia membawa riwayat penyakit yang dibawa dari tanah air yang masuk kategori resiko tinggi seperti Jantung, Hipertensi, penyakit diabetes, Hepatitis serta beberapa lainnya mengalami pikun karena faktor usia.

Untuk mengatasi jemaah haji resiko tinggi departemen kesehatan, perlu mencari solusi dalam mengawasi dan mendeteksi jemaah haji yang memiliki resiko tinggi. Hal tersebut diperlukan karena berdasarkan fakta jemaah haji Indonesia tahun ini lebih dari 50 persen yang memiliki resiko tinggi.

Hakam menyarankan, bila perlu Departemen Kesehatan membuatkan kalung yang berisi tulisan tentang riwayat atau kondisi kesehatan jemaah dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab, sehingga memudahkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama menjalankan ibadah diluar pemondokan. "Sehingga, apabila pingsan di jalan atau di masjid dokter Arab dengan cepat bisa membaca riwayat penyakit sehingga tidak terlalu lama memberikan pertolongan" tutur Hakam di Madinah Senin (1/12/2008).

Ada beberapa kasus yang ditangani tim kesehatan haji di Madinah, hampir 90 persen menimpa jemaah haji usia lanjut dengan resiko tinggi. Dari jemaah haji yang meninggal dunia sampai dengan hari ini berjumlah 18 orang sebagian besar terkena serangan jantung, penyakit paru dan beberapa penyakit lainnya.

Pada kunjungan kerjanya di pemondokan jemaah haji, 10 anggota komisi 8 DPR RI, berpesan kepada seluruh petugas haji agar lebih ikhlas dan sabar dalam menangani jemaah haji khususnya yang lanjut usia. (hn.bs)

Tidak ada komentar: